Langsung ke konten utama

Jurnal Penilaian


JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP SPIRITUAL

Nama Sekolah             : SMP UNISNU JEPARA
Kelas/Semester            : VII/1
Tahun Pelajaran           : 2019/2020
No.
Waktu
Nama
Peserta Didik
Catatan Perilaku
Butir Sikap
TTD
Tindak Lanjut
1.
3/10/2019
Saputra Adi
Tidak membaca doa terlebih dahulu sebelum pelajaran
Ketaqwaan

Pembinaan
2.
4/10/2019
Nowel
Tidak mengikuti shalat jum’at yang diselenggarakan di sekolahan
Ketaqwaan

Pembinaan


Syahrul
Mengajak temannya untuk shalat Jum’at di sekolah
Toleransi Beragama

Teruskan
3.
5/10/2019
Ana
Mengajak temannya untuk shalat dhuhur berjama’ah
Toleransi Beragama

Teruskan


Billah
Menjadi pengurus majelis ta’lim di sekolahnya
Ketaqwaan

Teruskan


Fariz
Menganggu temannya yang sedang shalat dhuhur
Ketaqwaan

Pembinaan
4.
7/10/2019
Utami
Ikut membantu dalam acara keagamaan di sekolah
Ketaqwaan

Teruskan


Khilmi
Mengajak temannya untuk berdoa terlebih dahulu sebelum melakukan observasi
Ketaqwaan

Teruskan

JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP SOSIAL

Nama Sekolah             : SMP UNISNU JEPARA
Kelas/Semester            : VII/1
Tahun Pelajaran           : 2019/2020

No.
Waktu
Nama
Peserta Didik
Catatan Perilaku
Butir Sikap
TTD
Tindak Lanjut
1.
10/10/2019
Tifanny
Membantu guru mengambilkan board marker di kantor
Kepedulian

Teruskan


Ifdatul
Membantu guru membawakan buku
Kepedulian

Teruskan
2.
11/10/2019
Cahya
Tidak menyerahkan surat ijin temannya kepada guru
Tanggung Jawab

Pembinaan
3.
12/10/2019
Sari
Membersihkan ruang kelas meskipun tidak piket
Kepedulian

Teruskan


Ariyani
Terlambat masuk kelas
Kedisiplinan

Pembinaan


Dwi
Berbohong menyontek pada saat ulangan
Kejujuran

Pembinaan
4.
13/10/2019
Fadila
Mempengaruhi teman untuk tidak mengerjakan tugas
Kedisiplinan

Pembinaan



LEMBAR PENILAIAN DIRI PESERTA DIDIK
Nama               :
Kelas               :
Semester          :
Petunjuk :  Berilah tanda (Ö) pada kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya

No.
Pertanyaan
Ya
Tidak
1.
Saya selalu berdoa dahulu sebelum melakukan aktivitas


2.
Saya masuk kelas tepat waktu


3.
Saya selalu mengerjakan tugas yang diberikan


4.
Saya selalu mengumpulkan tugas tepat waktu


5.
Tertib dalam mengikuti pelajaran


6.
Mengikuti pratikum sesuai dengan langkah yang telah ditetapkan


7.
Saya membawa buku tulis sesuai dengan jadwal pelajaran


8.
Saya meminta maaf jika saya melakukan kesalahan


9.
Saya merasa menguasai dan dapat mengikuti pelajaran dengan baik


10.
Saya selalu membuat catatan hal-hal yang menurut saya penting




LEMBAR PENILAIAN DIRI PESERTA DIDIK

Nama               :
Kelas               :
Semester          :
Petunjuk : Berilah tanda centang (√) pada kolom 1 (tidak pernah), 2 (kadang-kadang),3 (sering), atau 4 (selalu) sesuai dengan keadaan kalian yang sebenarnya.

No.
Pertanyaan
1
2
3
4
1.
Berdoa setelah dan sebelum melakukan sesuatu




2.
Menjalankan ibadah tepat waktu




3.
Saya menyelesaikan tugas-tugas dengan tepat waktu




4.
Saya berangkat sekolah tepat waktu




5.
Saya berani menerima resiko atau tindakan yang saya lakukan




6.
Saya berani mencoba hal-hal yang baru




7.
Saya melakukan segala sesuatu tanpa ragu-ragu




8.
Saya tidak mudah putus asa




9.
Saya selalu membuang sampah di tempat sampah




10.
Saya turut menjaga kebersihan kelas walaupun tidak piket






LEMBAR PENILAIAN ANTAR TEMAN

Nama               :
Kelas               :
Semester          :
Penting : Berilah tanda centang (Ö) pada kolom 1 (tidak pernah), 2 (kadang-kadang), 3 (sering), atau 4 (selalu) sesuai dengan keadaan teman kalian yang sebenarnya.
No.
Pertanyaan
1
2
3
4
1.
Teman saya selalu berdoa sebelum melakukan aktivitas




2.
Teman saya menghormati orang yang lebih tua




3.
Teman saya mengucapkan terima kasih setelah menerima bantuan orang lain




4.
Teman saya bersikap 3S (Senyum, Sapa, Salam) saat bertemu orang lain




5.
Teman saya menjalankan ibadah tepat waktu




6.
Teman saya menggunakan bahasa yang santun saat menyampaikan pendapat




7.
Teman saya mengembalikan barang yang dipinjam




8.
Teman saya mengembalikan buku perpustakaan dengan tepat waktu




9.
Teman saya mengerjakan tugas individu tepat waktu




10.
Teman saya mengerjakan sendiri/tidak menyontek saat ulangan









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian dari Testing, Assessing, dan Teaching ·          Testing adalah secara umum adalah mencari tahu seberapa baik suatu pekerjaan. Dalam istilah pendidikan adalah metode untuk mengukur kemampuan atau pengetahuan individu dalam domain yang diberikan. Seperti : reading, speaking, listening, dan writing. Dalam tahap ini testing dipersiapkan di waktu tertentu, contoh : ulangan harian, UTS, UAS. ·          Assessing adalah metode atau alat yang digunakan pendidik untuk mengevaluasi, mengukur, dan mendokumentasikan kesiapan akademik, kemajuan belajar, akuisisi keterampilan atau kebutuhan pendidikan siswa. Assessing dibagi menjadi 3 : -         Assessment for learning adalah penilaian yang dilakukan selama pembelajaran berlangsung untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dangan cara improvisasi pada kegiatn KBM. -         Assessment as learninng adalah penilaian yang dilakukan selama pembelajaran tetapi berbeda pada individual/grup -         Assessment of learning adalah pe